Kamis, 05 Desember 2013

Kurikulum 2013 vs Padmanaba 71

Oke, SMAN 3 YK identik dengan siswa-siswinya  yang selalu inovatif, kreatif dan berkarakter. 

Dan memasuki tahun ajaran 2013/2014 ini, dengan banyak perubahan dalam kurikulum, jam KBM dan kondisi belajar kita, sebagai siswa Padmanaba kita di'tuntut' untuk mengubah kebiasaan atau 'tradisi' yang biasa kita lakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Mari analisis secara umum, Kurikulum 2013 adalah wacana baru dari Depdiknas yang menitikberatkan setiap pelajaran pada siswanya. Kalo biasanya siswa di dalam kelas belajar 60% materi sendiri dan guru mengajar 40% dari keseluruhan materi, kini siswa harus berusaha lebih giat karena siswa mengusahakan seputar 90% dari keseluruhan materi itu sendiri. Sekiranya istilah "BURENG" telah merajalela di kaum kelas X. Selain itu, di kelas X juga mereka harus sudah ditempatkan pada penjurusan. Itu artinya, angkatan '13 ini belom pernah menyicipi rasanya 2 jurusan.
Semua ribut, siswa sendiri sekarang lebih banyak mendapat tekanan. Dimulai dari orang tua yang ribut soal nilai anak-anaknya besok bagaimana, guru yang tidak bisa banyak membantu dalam pemberian materi ataupun hal-hal lain yang sekiranya sudah menjadi 'tradisi' akan segera hilang.


Sekarang, bagaimana dengan Padmanaba ?
Mungkin label 'sekolah event' sudah tertancap hingga tertanam di sekolah ini. Jangan heran kalo tiba2 dalam satu rangkaian event terdapat tiga event besar di dalam nya. Yaa itu emang kami, dan Padmanaba yang dikenal emang kayak gitu.. Tapi gara2 masalah yang di 'atas', masi yakin ga nih Padmanaba yang sekarang bakalan sama kayak yang besok ?
Padmanaba 71, keluarga baru yang ada di komunitas besar Padmanaba. Mungkin kalian memang "baru", tapi ayolaah.. Padmanaba ada di hati kamu?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar